Selasa, 13 November 2012

Rencana Kegiatan Harian Taman Kanak-Kanak

Rencana Kegiatan Harian (RKH) merupakan penjabaran dari (Rencana Kegiatan Mingguan) RKM. RKH memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. RKH terdiri atas kegiatan pembukaan, kegiatan inti, istirahat/makan, dan kegiatan penutup.

  1. Kegiatan Pembukaan merupakan kegiatan untuk pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang dapat dilakukan antara lain, membaca doa, mengucap salam, membicarakan tema, dsb.
  2. Kegiatan Inti merupakan kegiatan yang dapat mengaktifkan perhatian, kemampuan sosial dan emosional anak. Kegiatan ini dapat dicapai melalui kegiatan yang memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen sehingga dapat memunculkan inisiatif, kemandirian dan kreativitas anak, serta kegiatan yang dapat meningkatkan pengertian-pengertian, konsentrasi dan mengembangkan kebiasaan bekerja baik. Kegiatan inti merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara individual/kelompok.
  3. Istirahat/Makan merupakan kegiatan yang digunakan untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan, misalnya mengenalkan kesehatan, makanan yang bergizi, tata tertib makan. Setelah kegiatan makan selesai, anak akan melakukan kegiatan bermain dengan alat permainan di luar kelas dengan maksud untuk mengembangkan motorik kasar anak dan bersosialisasi.
  4. Kegiatan Penutup merupakan kegiatan penenangan yang dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang dapat diberikan pada kegiatan akhir, misalnya ,membacakan cerita dari buku, mendramatisasikan suatu cerita, mendiskusikan tentang kegiatan satu hari atau menginformasikan kegiatan esok hari, menyanyi, berdoa, dsb.
Contoh RKH:

Daftar Rujukan:
Astuti, W. 2011. Hand Out MK.Perencanaan Pembelajaran AUD. Hand Out tidak diterbitkan. FIP: UM

1 komentar:

  1. Makasih dapat berbagi dengan teman - teman seperjuangan demi kemajuan pendidikan di negeri tercinta.

    BalasHapus