Senin, 05 November 2012

Permainan Tradisional "Boy-Boyan"


v  Teknik dan Aturan Permainan
Ø  Jumlah pemain          : 2-10 anak
Ø  Bahan                        : Kreweng (pecahan genteng/gerabah) atau pecahan asbes atau potongan kayu, bola plastik
Ø  Orientasi                   : Konsentrasi, kerjasama, ketepatan, dan  kecepatan
Ø  Persiapan                   :
1.    Tujuh buah kreweng disusun sehingga dalam posisi bertumpuk/menyerupai menara
2.    Siapkan bola plastik berdiameter + 20 cm

v  Cara Bermain
1.      Sebelum melakukan permainan, dilakukan “hompimpa” untuk menentukan pemain mana yang pertama memulai permainan. Secara bersama-sama,  pemain mengucapkan kata hom-pim-pa. Ketika mengucapkan suku kata terakhir (pa), masing-masing pemain memperlihatkan salah satu telapak tangan dengan bagian dalam telapak tangan menghadap ke bawah atau ke atas. Di beberapa daerah hompimpa dilakukan dengan lagu berlirik “hompimpa alaium gambreng—yang bermakna dari Tuhan kembali ke Tuhan, mari kita bermain—. Pemenang adalah pemain yang memperlihatkan telapak tangan yang berbeda dari para pemain lainnya. Ketika pemain lainnya sudah menang, pemain yang kalah ditentukan oleh dua pemain yang tersisa dengan melakukan “suit”.
2.      Pemain yang menang pertama merubuhkan menara kreweng dengan menggunakan bola dari jarak tertentu.
3.      Selanjutnya, pemain yang menang harus menyusun kembali menara kreweng yang berserakan tersebut sambil menghindari tembakan bola dari pemain yang kalah. Jika pemain yang menang terkena tembakan akan menjadi pemain yang kalah dan sebaliknya.
4.      Sementara pemain yang menang lainnya terus berjuang menyelesaikan susunan menara kreweng tersebut. Jika pemain yang menang berhasil menyusun pecahan kreweng berarti permainan usai.

Selamat Bermain ^_^


4 komentar: